Breaking News

Terapkan 5R Untuk Rumah Layak Huni

Mempertahankan kondisi arsitektur rumah agar selalu layak huni harus ada penerapan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) . Karena rumah tidak hanya sebagai tempat tinggal saja, tetapi juga merupakan tempat bersejarah, untuk berkreasi, bukti prestasi, investasi jangka panjang, dan tempat utama komunikasi keluarga.

Berikut penjelasan mengenai 5R untuk rumah layak huni :

1. Ringkas berarti kita harus mengambil keputusan dengan tegas dalam mengatur dan membedakan barang yang masih diperlukan ( disimpan ) dan barang yang sudah tidak diperlukan lagi ( dibuang/dijual/diganti ). Dengan ringkas maka kita dapat menghemat :
a. uang : hemat penggunaan lampu dari segi jumlah dan besar watt karena wilayah dinding yang tertutup barang sedikit, sehingga banyaknya pantulan cahaya menyebabkan ruangan menjadi lebih terang.
b. waktu : cepat dalam membersihkan seluruh ruangan di rumah.

2. Rapi berarti kita harus menempatkan barang yang tepat sesuai fungsi ruangan dan kebutuhan penghuni. Dengan rapi maka kita dapat :
a. Mudah dalam mencari barang seperti mudah menemukan tempat obat, dokumen penting, dan lain - lain.
b. Mudah menerapkan rencana keselamatan di pemukiman seperti peletakan barang - barang yang tidak menutupi jalur evakuasi jika terjadi bencana kebakaran , gempa bumi, banjir, dan badai.
c. Mudah dalam membentuk keluarga harmonisasi seperti tv hanya ada di ruang keluarga dan komputer atau notebok ada di ruangan yang khusus ditetapkan sebagai ruang belajar, bekerja atau bermain ( terjadwal ).

3. Resik berarti kita harus membersihkan ruangan beserta isinya. Dengan resik atau bersih maka kondisi rumah dapat :
a. Sehat untuk jiwa dan raga sehingga layak sebagai tempat beristirahat untuk menghilangkan stress dari pekerjaan dan mempercepat proses penyembuhan.
b. Nyaman untuk dihuni sehingga betah di rumah.

4. Rawat berarti kita harus memelihara rumah dan isinya agar selalu ringkas, rapi, dan resik. Dengan rawat maka kondisi layak huni dapat terjaga.

5. Rajin berarti kita harus melakukan ringkas, rapi, resik, rawat secara rutin. Dengan rajin maka tidak hanya menyebabkan rumah selalu layak huni tetapi juga menciptakan kerja sama antar penghuni ( adanya pembagian tugas dan penetapan jadwal kegiatan ).

Hasil menerapkan 5R adalah 4M :
1. Mudah : mudah untuk dilakukan oleh penghuni rumah baik yang masih sendiri maupun sudah berkeluarga.
2. Murah : murah dalam biaya dan waktu.
3. Meriah : komunikasi lancar antar penghuni rumah.
4. Memasyarakat : bisa dilakukan oleh berbagai kalangan baik miskin maupun kaya.


Oleh : William R. W
Email : williamraditya@gmail.com

 Sponsor :