Breaking News

5R Untuk Mobil Nyaman Digunakan

Tulisan dalam blog ini adalah mengenai cara memanfaatkan konsep 5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin ) untuk otomotif khususnya dalam memelihara  kondisi mobil baik dari luar maupun di dalam.  rumah agar selalu layak huni harus ada penerapan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) . 

Karena mobil tidak hanya sebagai sarana transportasi saja, tetapi juga merupakan tempat penuh kenangan saat berkendara bersama keluarga, teman, rekan kerja , sekaligus sebagai tempat beristirahat dan bekerja.

Berikut penjelasan mengenai 5R untuk mobil yang nyaman digunakan  :

1. Ringkas berarti kita harus mengambil keputusan dengan tegas dalam mengatur dan membedakan barang yang  selalu diperlukan dan tidak diperlukan setiap hari di mobil.  Dengan ringkas maka kita dapat menghemat :
·         Kapasitas penumpang dan bagasi atau ruang penyimpanan barang.
·         Waktu  : cepat dalam membersihkan seluruh bagian mobil.

2. Rapi berarti kita harus menempatkan dan memasang barang yang tepat sesuai fungsi ruangan dan kebutuhan pengendara. Dengan rapi maka kita dapat :
·         Mudah dalam mencari barang seperti mudah menemukan tempat obat, dokumen penting, dan lain - lain.
·         Mudah membersihkan mobil.

3. Resik berarti kita harus membersihkan luar dan dalam mobil. Beberapa produk dari “ Filter Sakura “ sangat baik dalam menjaga kebersihan agar sehat dan nyaman di dalam mobil seperti :
·         Air Filter / Penyaring Udara : Penyaring yang melindungi mesin mobil  dari kerusakan akibat partikel berbahaya seperti debu.
·         Cabin Air Filter / Penyaring Udara : Penyaring yang melindungi pengendara dan penumpang dari kotoran udara yang masuk melalu mesin pendingin ruangan mobil / AC. Dengan adanya filter udara, juga turut mengurangi kotoran yang dibawa oleh udara dan dapat mengotori jok mobil dan bagian lain.
·         Oil Filter / Penyaring Oli : penyaring yang dibutuhkan untuk melindungi dari oli mesin yang berangsur menjadi kotor dan bercampur dengan carbon, endapan lumpur dan kotoran lain.
Membersihkan mobil tidak selalu dikarenakan dampak kotoran dari udara, tapi juga dari kotoran akibat makanan dan minuman yang dikonsumsi di dalam mobil, dan partikel kotoran yang terbawa oleh pengendara atau penumpang baik melalui kulit, atau pun pakaian dan barang yang dibawa atau disimpan di mobil.

4. Rawat berarti kita harus memelihara mobil dan isinya agar selalu ringkas, rapi, dan resik. Dengan perawatan yang baik maka kondisi mobil dapat :
·         Turut menjaga kesehatan pengendara dan penumpang  baik saat mobil digunakan sebagai tempat beristirahat, atau pun untuk pekerjaan seperti jasa kurir, taksi , dan lain - lain.
·         Memberikan rasa nyaman untuk dikendarai.  Dikarenakan mesin mobil yang stabil dan kondisi ruang duduk yang bersih dapat memberikan rasa betah pada pengendara dan penumpang.

5. Rajin berarti kita harus melakukan ringkas, rapi, resik, rawat secara rutin agar mobil selalu sehat dan nyaman  digunakan. Agar semua berjalan lancar dan dapat rajin dikerjakan maka perlu dibuat :
·         Jadwal ganti oli
·         Jadwal ganti penyaring udara
·         Jadwal ganti penyaring oli
·         Jadwal membersihkan ruangan duduk dan bagasi mobil
·         Jadwal mencuci mobil skala kecil / di rumah
·         Jadwal mencuci mobil skala besar / di bengkel

Hasil menerapkan 5R adalah 4M :
1. Mudah : mudah untuk dilakukan oleh pengendara atau pemilik mobil
2. Murah : murah dalam biaya dan waktu.
3. Meriah : perawatan rutin memberikan mobil selalu terlihat enak dipandang dan nyaman dikendarai.
4. Memasyarakat : bisa dilakukan oleh berbagai tipe mobil.